Kelurahan Kotabaru Jalin Kerjasama Pendataan Lansia dengan UIN Sunan Kalijaga

[20/3] Siang yang panas tidak menyurutkan semangat mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk bertandang ke kantor kelurahan Kotabaru di Jl. Juwadi No.29 Yogyakarta. Melalui program Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) Kelurahan Kotabaru menjalin kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga mengadakan program pendataan lansia di Kotabaru.

Program LLT di Kelurahan Kotabaru merupakan pengembangan dari program LLT di tiga kelurahan yang telah dimulai sejak tahun 2023. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Yogyakarta menjadi Kota Ramah Lansia.

 

 

Sebagai langkah awal, dilakukan pendataan lansia oleh LLT Kelurahan Kotabaru yang bekerja sama dengan Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari data yang diperoleh, akan dilakukan pengelompokan lansia di Kotabaru ke dalam 3 kelompok, yaitu: level 1 (Lansia Aktif), level 2 (Lansia Perlu Bantuan), dan level 3 (Lansia Bedrest/Tirah Baring).

Dengan adanya data tersebut, diharapkan program-program pemberdayaan lansia ke depannya akan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.