Genbi Take Action 2023 di Kotabaru

[29/10] Komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yang biasa disebut GenBI, akronim dari Generasi Baru Indonesia. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, GenBI telah melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan terbaru dilaksanakan dengan mengambil lokasi di Kelurahan Kotabaru. Seiring maraknya isu sampah, GenBI take action melakukan kegiatan dengan tajuk "Zero Waste Action: Kurangi dan Kelola Sampah".

Kegiatan yang dilakukan GenBI DIY kali ini berupa sosialisasi dan praktik pengolahan sampah styrofoam untuk menuju zero waste action di Kota Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi mendatangkan narasumber Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY. Materi yang dibawakan berjudul "Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Kota Yogyakarta". Narasumber kedua adalah Suharto, Ketua Pelaksana Harian Desa Wisata Lingkungan Sukunan dengan materi berjudul "Praktik Pengelolaan Sampah Styrofoam". Sosialisasi berlangsung semarak, diselingi ice breaking yang dilemparkan sesekali oleh Pinna Afanda Setya Putri selaku moderator. Hadir dalam acara, Septiara Silvani Putri selaku manajer Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY, dan Urai Herman, S.STP., M.Ec.Dev. selaku Lurah Kotabaru.

 

Seusai sosialisasi dan diskusi, acara dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan batako dan pot bunga dengan bahan baku memanfaatkan limbah styrofoam. Pelatihan ini dipimpin oleh Suharto sebagai narasumber yang telah berkecimpung dalam pemanfaatan limbah daur ulang di Desa Wisata Lingkungan Sukunan.

Acara sosialisasi dan pelatihan diikuti oleh anggota enam bank sampah yang berasal dari lima RW di kelurahan Kotabaru. Para peserta berhasil membuat pot bunga dan batako dari bahan styrofoam, dengan panduan dari narasumber. Peserta sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung dari pagi sampai siang hari di Balai Gotong Royong Kotabaru. Cuaca yang panas terik di seputar Balai Gotong Royong tidak mengurangi semangat peserta untuk menimba ilmu dalam pemanfaatan limbah styrofoam.