Kiprah Bank Sampah “Berkah” Kelurahan Kotabaru

Pemerintah Kota Yogyakarta telah mencanangkan Gerakan Zero Sampah Anorganik mulai bulan Januari 2023. Dalam rangka mendukung gerakan ini, bank sampah Berkah yang berlokasi di RW 03 Kelurahan Kotabaru ikut andil melaksanakan pengelolaan sampah anorganik. Sampah-sampah anorganik yang dikumpulkan dari masyarakat sekitar dikelola dan dimanfaatkan untuk membuat beragam barang yang berguna. Contohnya dengan memanfaatkan limbah minyak jelantah diolah menjadi sabun yang bisa dipakai untuk mencuci tangan. 

Bank sampah Berkah secara umur sebenarnya masih cukup muda, karena baru berdiri pada tanggal 28 April 2021. Namun kiprah mereka dalam penanganan sampah patut diacungi jempol. Bahkan mereka pun sudah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi dalam pengelolaan sampah anorganik. Ibu Iswarin, ketua bank sampah Berkah menyatakan, selama ini telah membuat perjanjian dengan beberapa sekolah di kota Yogyakarta untuk menampung barang-barang bekas misalnya koran-koran dan kertas bekas. Ibu Tari, salah satu pengurus bank sampah Berkah ikut menimpali, bahwa petugas bank sampah Berkah siap mengambil barang-barang bekas, koran maupun kertas bekas yang akan dijual.

“Di seputaran Kotabaru, kami adalah bank sampah yang berani membeli koran dan kertas bekas dengan harga yang paling tinggi,” lanjut Ibu Iswarin. Bank sampah Berkah ingin menjalin kemitraan dengan para nasabah atau pelanggan. Kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak, bukan hanya salah satu pihak saja. Selanjutnya, bank sampah Berkah memakai keuntungan dari penjualan barang bekas untuk kesejahteraan anggotanya. 

Bank sampah Berkah sekarang telah memiliki anggota sebanyak 75 orang yang semuanya merupakan masyarakat sekitar yang tinggal di wilayah RW 03 Kelurahan Kotabaru. Di bawah kepemimpinan Ibu Iswarin, perkembangan bank sampah Berkah memang luar biasa. Pada tahun 2022 bank sampah Berkah berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara Harapan I dalam Lomba Bank Sampah se-Kota Yogyakarta.

Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan bank sampah Berkah, Anda dapat mengikutinya di tautan ini.