Workshop Menu B2SA dan Pencegahan Stunting di Kelurahan Kotabaru

Kelurahan Kotabaru telah menyelenggarakan workshop menu B2SA dan pencegahan stunting pada hari Senin tanggal 13 Februari 2023. Acara diisi dengan menghadirkan narasumber dari TP PKK Kota Yogyakarta Pokja 3 dan Pokja 4. Workshop dibuka oleh Plt. Lurah Kotabaru, Kunto Kirnaning Putro, S.H.


Sebagaimana dijelaskan narasumber, B2SA adalah singkatan dari Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman. 
Beragam maksudnya makanan yang disajikan bermacam jenisnya, baik nabati maupun hewani. Makanan yang beragam dimaksudkan sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan yang dikonsumsi harus beragam karena masing-masing makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan gizi kita dapat terpenuhi dengan lengkap. Bergizi maksudnya adalah makanan yang disajikan mengandung zat gizi makro dan mikro. Seimbang artinya dikonsumsi secara cukup sesuai kebutuhan setiap orang dengan memperhatikan proporsinya. Aman artinya harus bebas dari cemaran fisik, kimia, dan mikrobiologi. Karena itu proses pengolahan dan penyimpanannya juga harus diperhatikan.
Workshop diikuti oleh warga kelurahan Kotabaru yang terdiri dari unsur pengurus dan anggota PKK, petugas kelurahan siaga, dan kader kesehatan kelurahan. Peserta antusias dengan materi yang dibahas, terbukti dari banyaknya pertanyaan dari peserta dan dilanjutkan dengan diskusi bersama narasumber.