Gladi Lapang dan Pengukuhan KALTANA Kelurahan Kotabaru

Selama sepuluh hari terakhir, warga di Kelurahan Kotabaru telah diberikan Pelatihan Tanggap Bencana melalui Rakornis Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana (KALTANA) oleh BPBD Kota Yogyakarta. Pada penghujung rangkaian acara, diadakan Gladi Lapang dan Pengukuhan Kaltana Kotabaru Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun 2022. Gladi Lapang ini dimaksudkan untuk membekali peserta pelatihan dalam bentuk tindakan di lapangan, serta untuk melihat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Hadir dalam gladi lapang kali ini Kalak BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana, M.Si., Anggota Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, S.T., Kalak BPBD Kota Yogyakarta Drs. Nur Hidayat, M.Si., dan Mantri Pamong Praja Gondokusuman Guritno, A.P.

Dalam kegiatan gladi lapang kali ini disimulasikan telah terjadi bencana alam gempa bumi. Seluruh Tim Kaltana Kotabaru disiagakan oleh Lurah Kotabaru Supardi, S.H. untuk segera menangani kondisi di lapangan. Selanjutnya Ketua Kaltana Kotabaru, Drs. Darsam, mengadakan koordinasi dengan seluruh anggota tim untuk segera melakukan langkah-langkah penanganan pasca bencana gempa bumi.

Seluruh tim Kaltana Kotabaru segera bergerak sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Warga masyarakat telah diinstruksikan untuk berkumpul di titik kumpul. Masing-masing melakukan pengecekan terhadap anggota keluarga terdekat. Selanjutnya dari titik kumpul warga diarahkan untuk menuju pos pengungsian. Dapur umum juga didirikan untuk mendukung kebutuhan konsumsi warga masyarakat. Evakuasi terhadap korban bencana gempa dilakukan dan diarahkan menuju pos kesehatan. Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Puskesmas untuk mengirimkan ambulance guna mengangkut korban yang membutuhkan perawatan lanjutan. Di pos pengungsian, tim Kaltana melakukan pendampingan kepada warga dengan melakukan trauma healing. Mereka mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat untuk mendukung pemulihan mental pasca bencana.

Acara ditutup dengan evaluasi dan penyampaian pesan kepada seluruh tim Kaltana Kotabaru. Terakhir dilakukan pengukuhan Kaltana Kotabaru Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun 2022.