Pawon Gotro Kelompok UMKM Kelurahan Kotabaru Mulai Aktif Lagi

Kotabarukel.jogjakota.go.id - Adanya Pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia yang menyebabkan menurunnya pertumbuhan ekonomi selama hampir 2 tahun sampai saat ini juga menyebabkan menurunnya tingkat kegiatan UMKM yang berpengaruh pada ekonomi wilayah yang bergantung pada sektor tersebut termasuk Kelurahan Kotabaru. Kelurahan Kotabaru juga terkena dampak dari Covid-19 yang menyebabkan menurunnya konsumen dari UMKM yang berada di Kelurahan Kotabaru, terlebih diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan PPKM hingga saat ini mengakibatkan semakin terbatasnya kegiatan mobilitas dan aktivitas penduduk.

 

Kelompok Pawon Gotro adalah UMKM bidang boga/ kuliner yang di ketuai oleh Ibu Sukesi dan anggotanya terdiri dari ibu-ibu masyarakat sekitar Kelurahan Kotabaru. Pada Senin (13/09/21), Kelompok Pawon Gotro mulai berkegiatan membuka usaha bersama dengan ibu-ibu anggota lainnya dalam memproduksi makanan berupa aneka jajanan pasar dan makanan. Usaha ini dibuka di belakang SMPN 5 Yogyakarta atau di seberang RS. DKT Kelurahan Kotabaru mulai pukul 06.00 sd 09.00 wib pada hari kerja Senin sd Jum'at.

Kelurahan Kotabaru merupakan wilayah di Kota Yogyakarta yang memiliki lokasi strategis dengan terdapat berbagai macam kegiatan masyarakat di sekitarnya seperti perkantoran, sekolah, stadion, pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Kondisi ini menjadi potensi wilayah yang baik dalam pengembangan UMKM Pawon Gotro. Para pengemudi yang lalu lalang melewati jalan di wilayah Kelurahan Kotabaru bisa singgah dan turut membeli aneka jajanan dan makanan karya ibu-ibu Kelompok Pawon Gotro. Selain itu, masyarakat yang beraktivitas di sekitar Kelurahan Kotabaru juga dapat membeli hasil karya yang di jual oleh ibu-ibu. Tentu saja, produk yang dijual dijamin kehalalan dan kebersihannya dalam proses pembuatannya sehingga tidak diragukan lagi memiliki rasa enak dan bergizi.

Kelompok Pawon Gotro yang mulai berkegiatan lagi dalam usaha penjualan aneka jajanan dan makanan harus menjalankan protokol kesehatan ketat dapat menjadikan tanda semangat bangkitnya kembali UMKM masyarakat meski di masa pandemi Covid-19. Melalui bangkitnya UMKM tentu berdampak pada meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat, dimana tentunya dapat berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Monggo warga Jogja, larisi dagangane tanggane larisi Kelompok Pawon Gotro Kelurahan Kotabaru.

#umkm
#kotabarugumregah
#jogjabangkit

#jogjabakohcovid-19