Dorong Percepatan Vaksinasi, Pemkot Yogya Luncurkan Kota Jogja Merdeka Vaksin

Kotabarukel.jogjakota.go.id - Pandemi  akibat virus Covid 19 yang telah berlangsung sejak tahun lalu masih belum terlihat usai. Bahkan telah muncul beragam varian virus, terakhir bernama varian Delta yang terindikasi telah masuk ke wilayah DIY sejak awal bulan Juli.

Guna menghadapi kehadiran varian baru virus Covid-19 yang diyakini lebih cepat penyebarannya, ketaatan terhadap protokol kesehatan harus terus ditingkatkan. Sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah telah menjalankan beragam program guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, yaitu dengan terus melakukan tes dan pelacakan (tracing) dan menerapkan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang telah diubah istilahnya menjadi PPKM level 3 atau 4.

Percepatan program vaksinasi terus digencarkan guna melengkapi upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan vaksinasi, sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus Covid 19 akan terbentuk dan resiko terinfeksi akan semakin kecil. Pelaksanaan vaksinasi juga diharapkan dapat membentuk kekebalan imunitas guna memutus penyebaran virus Covid 19. Keberhasilan pelaksanaan vaksinasi ini juga akan meminimalkan dampak ekonomi dan sosial karena jika sebagian besar masyarakat telah memiliki sistem kekebalan tubuh melawan virus Covid 19 maka kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat akan kembali normal.

Sebagai upaya percepatan vaksinasi di Kota Yogyakarta, maka diluncurkan  gerakan Kota Jogja Merdeka Vaksin yang secara simbolis akan dilaksanakan di 5 kemantren pada hari Senin, 26 Juli 2021. Lima kemantren yang dimaksud adalah Kemantren Mergangsan, Kemantren Danurejan, Kemantren Tegalrejo, Kemantren Kotagede dan Kemantren Wirobrajan. Dari kelima titik tersebut, ada tiga lokasi penyelenggaraan seremonial. Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti akan menghadiri vaksinasi yang diadakan di halaman kantor Kemantren Mergangsan. Titik kedua bertempat di halaman SMP Bopri I untuk wilayah Kemantren Danurejan yang akan dihadiri oleh Kapolresta Yogyakarta. Terakhir, berlokasi di wilayah Kemantren Tegalrejo tepatnya Puskesmas Pembantu Tompeyan yang akan dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 0734 Kota Yogyakarta. Setelah 5 titik ini, program vaksinasi akan dilanjutkan secara serentak ke semua kematren yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

Selain program vaksinasi berbasis kemantren ini, Pemerintah Kota Yogyakarta juga terus melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat Kota Yogyakarta di halaman parkir barat Gembira Loka Zoo. Masyarakat dapat mengikuti vaksin dengan mengakses menu pendaftaran vaksinasi pada aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Vaksinasi di Gembira Loka Zoo ini ditargetkan mampu mendistribusikan 1200 dosis setiap hari kerja dan 500 – 600 dosis pada akhir pekan.

#jogjamerdekavaksin