Pelatihan Kampung Sayur

Kotabaru- Pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Sayur merupakan salah satu solusi yang dilakukan Kelurahan Kotabaru dalam upaya mengatasi semakin menurunnya lahan pertanian produktif dan kemiskinan di Kota Yogyakarta. Akan tetapi pada pelaksanaannya komitmen dari masyarakat dan persentase pencapaian dari setiap program kegiatan masih belum maksimal.

Lahan yang sempit di Kota Yogyakarta tidak membuat warga kota kehabisan ide untuk membudidayakan Tanaman Sayur Mayur di lingkungan rumahnya. Kelurahan Kotabaru memfasilitasi warganya yang ingin tahu dan belajar lebih jauh tentang cara budidaya sayur-mayur di lahan yang sempit lewat Pelatihan Kampung Sayur. Kampung Sayur merupakan salah satu Program Kota Yogyakarta yang bertujuan agar minimal warga kota juga dapat menikmati hasil sayuran dari lahan sendiri.

Pelatihan kampung sayur dibuka oleh Lurah Kotabaru, Supardi, SH dilaksanakan pada 5-6 April 2021 ini berisi materi tentang lorong sayur, jenis tanaman yang bisa dibudidayakan, membuat media tanam serta bagaimana mengolah hasil dari panen setelah menanam sayur dengan menggunakan teknologi. Materi tersebut disampaikan oleh instruktur Winaryati, S.Si seorang praktisi tanaman dan Katarina dosen pertanian UKDW.

Pelatihan ini diselenggarakan di Susteran Kotabaru yang berlokasi di selatan Gereja Kotabaru Kelurahan Kotabaru diikuti peserta dari perwakilan 5 RW dan perwakilan unsur TP PKK Kelurahan Kotabaru. Supardi, SH dalam sambutan pembukaan pelatihan menyampaikan harapannya setelah pelatihan ini selesai peserta dapat mengaplikasikannya di lahan sekitar rumahnya masing-masing dan semoga bisa meningkatkan perekonomian keluarga.