Simulasi Kampung Siaga Bencana

Kotabaru- Kelurahan Kotabaru menggandeng kampus Amikom dan Tagana Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Simulasi Kampung Siaga Bencana. Kegiatan ini merupakan acara yang bertujuan memberikan pembekalan, pelatihan dan penambahan pengetahuan tentang kebencanaan bagi relawan, kader dan masyarakat di wilayah Kelurahan Kotabaru.

Sinergisitas antara lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan dan stake holder yang lain sangat dibutuhkan dalam kegiatan sosial masyarakat, ujar Lurah Kotabaru Supardi, SH dalam sambutannya. Dalam awal tahun ini Indonesia diberikan ujian berupa bencana alam gempa bumi, longsor, banjir, erupsi gunung berapi maka kegiatan ini sangat bermanfaat untuk waspada, siap dalam menghadapi bencana yang terjadi, jelas Supardi, SH.

Dalam materi pertamanya, Ika dosen atau pengajar Geografi Amikom Yogyakarta memberikan pengetahuan kebencanaan secara luas. Dan Tagana Kota Yogyakarta, Wahyu memberikan ketrampilan simulasi bagaimana memberikan pertolongan korban bencana dalam pandemi covid-19.