Pelatihan Karawitan Kelurahan Kotabaru

Setiap hari Jumat, diselenggarakan acara "Pelatihan Rutin Karawitan" Kelurahan Kotabaru. Peserta pelatihan merupakan warga Kelurahan kotabaru yang terdiri dari para pelau seni sejumlah 25 orang. Acara ini diselenggarakan di Balai Gotong Royong dimulai dari pukul 15.30 WIB s/d 17.45 WIB. Meskipun kondisi sekarang masih tanggap darurat Covid 19, namun tidak mengurang animo seniman Kotabaru untuk terus berkreasi dengan tetap mematuhi edaran Walikota Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan rapat atau berkumpul tidak boleh melebihi 30 orang dan harus menjaga physical distancing.

Pada awal pelaksanaan pelatihan ini, dibuka oleh sambutan dari Bpk. Supardi, SH selaku Lurah Kotabaru, dilanjutkan dengan briefing dari Bpk. Kasiman Soekardjo, BA selaku Instruktur Karawitan , kemudian reading teks yang sudah dibagikan ke peserta, dan dilanjutkan dengan pelatihan secara teknis. Pelatihan Karawitan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat di bidang kesenian dan kebudayaan. Pelatihan ini dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat, sebagai upaya menggeliatkan kembali animo dan potensi kesenian dan kebudayaan di Kelurahan Kotabaru.

Dengan terlaksananya Pelatihan Karawitan ini maka diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pelaku seni di Kelurahan Kotabaru, sehingga akan menambah piawainya para pelaku seni untuk semakin berkreasi memberi warna seni di Kota Yogyakarta. Sampai saat ini sudah terlaksana 8 kali pelatihan. Harapannya, meskipun dalam kondisi pandemi covid 19, namun tidak membuat semangat para pelaku seni dan budaya untuk tetap menjaga dan memelihara nilai-nilai budaya warisan leluhur.

Terima kasih.,,

Penulis,

Agus Hariyadi