KELURAHAN KOTABARU MELAYANI DENGAN JUJUR
Kelurahan Kotabaru Jalan Juwadi No. 29 Kotabaru Gondokusuman Kota Yogyakarta 55224
 Adminkbkel1,    22 April 2020 KELURAHAN KOTABARU BENTUK RT SIAGA COVID 19
KELURAHAN KOTABARU BENTUK RT SIAGA COVID 19

 

Kelurahan Kotabaru bersama STIKES Bethesda Yakkum menggagas sebuah kerjasama sebagai langkah  pencegahan  untuk menghindarkan warga  dari paparan wabah Covid 19. Upaya pencegahan yang digagas diwujudkan  dengan membentuk  RT Siaga Covid-19 di wilayah RT 21 /RW 04 Keluaraha Kotabaru. 

Pembentukan RT Siaga Covid-19 didahului dalam satu musyawarah yang melibatkan pemerintah Kelurahan Kotabaru, STIKES Bethesda, dan warga setempat, (Selasa 14 April 2020 di RT 21/ RW 04)  Menindaklanjuti  hasil musyawarah,  Rabu 15 April 2020 telah dilakukan penandatanganan kerjama untuk segera mewujudkan RT Siaga Covid -19 di wilayah RT 21/RW 04. Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Lurah Kota Baru Supardi, SH dan Ketua STIKES Bethesda Yakkum Vivi Retno Intening, S,Kep, Ns, MAN.

RT Siaga Covid-19 menurut Vivi Retno Intening merupakan  upaya untuk mengedukasi dan memberdayakan warga  dalam menerapkan langkah preventif dari paparan Covid-19.  Dalam realisasinya program RT SIaga Covid-19  meliputi tentang  edukasi, peningkatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pemantauan kesehatan warga, dan penguatan fasilitas dalam rangka pencegahan COVID-19.

Sementara itu dijelaskan Lurah Kotabaru Supardi S. H., keberhasilan  mencegah penyebaran Covud-19 sangat tergantung dari kesadaran masyarakat.  Karena  itu bisa dikatakan bahwa masyarakat dan setiap individu merupakan bagian dari garda terdepan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.  RT Siaga Covid-19, menurutnya merupakan langkah  efektif untuk membangun kesadaran, pengetahuan dan pemahaman warga terhadap bahaya Covid-19.  “RT Siaga Covid-19  merupakan salah satu upaya memberdayakan warga dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dari program ini kami berharap wilayah Kotabaru khususnya RT 21/RW 04 bisa terbebas dari paparan Covid-19” jelas Supardi.

Kedepan, akan diupayakan untuk dilaksanakan kerjasama kembali bersama STIKES Bethesda Yakkum maupun lembaga atau pelaku usaha lain untuk membentuk RT Siaga di wilayah lain sebagai perwujudan Program Gandeng Gendong yang melibatkan 5 K (Kota, Korporasi, Kampus, Komunitas, dan Kampung). Semoga kerjasama antara Kelurahan Kotabaru dan STIKES Bethesda Yakkum ini dapat mengedukasi bagi semua pihak terkait. Terima kasih..............................

Penulis, 

Agus Hariyadi


  (78 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat56.86%
Cukup Bermanfaat1.96%
Bermanfaat1.96%
Kurang Bermanfaat1.96%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait