KELURAHAN KOTABARU MELAYANI DENGAN JUJUR
Kelurahan Kotabaru Jalan Juwadi No. 29 Kotabaru Gondokusuman Kota Yogyakarta 55224
 Adminkbkel1,    11 April 2020 Pelatihan Kesenian Kethoprak dan Gamelan Tahun 2020
Pelatihan Kesenian Kethoprak dan Gamelan Tahun 2020

Pada hari Jumat s/d Selasa tanggal 27 Maret s/d 31 Maret, diselenggarakan acara "Pelatihan Kesenian Kethoprak dan Gamelan" Kelurahan Kotabaru. Peserta pelatihan merupakan warga Kelurahan kotabaru yang terdiri dari pemuda-pemudi sampai dengan kategori lansia sejumlah 25 orang. Acara ini diselenggarakan di Balai Gotong Royong dimulai dari pukul 19.00 WIB s/d 23.45 WIB. Meskipun kondisi sekarang masih tanggap darurat Covid 19, namun tidak mengurang animo seniman Kotabaru untuk terus berkreasi dengan tetap mematuhi edaran Walikota Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan rapat atau berkumpul tidak boleh melebihi 30 orang dan harus menjaga sosial distancing.

Acara diawali dengan sambutan dari Bpk. Supardi, SH selaku Lurah Kotabaru, dilanjutkan dengan briefing dari Instruktur Kethoprak dan Instruktur Gamelan, kemudian reading teks yang sudah dibagikan ke peserta, dan dilanjutkan dengan pelatihan secara teknis baik kesenian kethoprak maupun gamelan yang mengiringinya. Pelatihan Kesenian Kethoprak dan Gamelan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat di bidang kesenian dan kebudayaan. Pelatihan ini dilaksanakan untuk menggali kembali kesenian kethoprak dan gamelan yang ada di Kelurahan Kotabaru. Menurut sejarah dari tokoh maupun pelaku seni, jaman dahulu Kotabaru pernah berjaya dalam berbagai ragam kesenian maupun kebudayaan, bahkan dulu juga pernah memiliki Sanggar sebagai tempat berkumpul dan berlatihnya para seniman Kotabaru.

Dengan terlaksananya Pelatihan Kesenian Kethoprak dan Gamelan ini maka diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pelaku seni di Kelurahan Kotabaru, sehingga akan memperkaya kesenian dan kebudayaan yang ada di Kelurahan Kotabaru. Tindak lanjut dari pelaksanaan pelatihan ini, akan dibentuk Kelompok Kesenian Kethoprak dan Gamelan sebagai legalitas eksistensi dari kelompok kesenian ini. Hal ini senyampang dengan Peraturan Gibernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 36 Tahun 2014 tentang Desa/Kelurahan Budaya.bahwa untuk menjadi Kelurahan Budaya slah satu instrument yang harus dipenuhi adalah memiliki Kelompok Kesenian Kethoprak dan Gamelan. Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini Kelurahan Kotabaru masih berstatus sebagai Rintisan Kelurahan Budaya.

Semoga acara ini dapat mengedukasi warga Kelurahan Kotabaru khususnya bagi para pelaku seni, supaya  mampu mewujudkan Kelurahan Kotabaru sebagai Kelurahan Budaya yang dapat memberikan dampak positif dan upaya peningkatan kesejahteeraan hidup melalui bidang kesenian dan kebudayaan. Harapannya, akan mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah Kelurahan Kotabaru. Terima kasih.,,

Penulis,

Agus Hariyadi


  (110 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat56.86%
Cukup Bermanfaat1.96%
Bermanfaat1.96%
Kurang Bermanfaat1.96%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait